Profile

sisIr. Siswanda Harso Sumarto, MPM.adalah mantan aktivis kampus diantaranya pernah menjabat sebagai Presidium Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB (1980 – 1981) dan Ketua Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa Bandung (KKMB) sekaligus Pengurus Dewan Koperasi Indonesia wilayah Jawa Barat.
Ir.Siswanda HS,MPM adalah sosok yang selalu menginspirasi kaum muda untuk berkarya dan melakukan kreativitas. “Sejak lulus dari pendidikan ITB, saya terpanggil untuk melakukan berbagai hal di bidang sosial, kesehatan, pendidikan, lingkungan dan wira usaha. Kita harus memperkuat Ketahanan Pangan dan Energi, Mengentaskan Rakyat dari Belitan Rentenir dan Menyelamatkan Air dan Lingkungan untuk Anak Cucu Kita. Sebuah gagasan dan cita cita harus didukung oleh kebijakan politik”.
 
Melalui B-Trust (Bandung, Trust Advisory Group) yang didirikannya pada tahun 2001, Ir. Siswanda H.S, MPM aktif mendorong reformasi sistem perizinan dan reformasi pengadaan barang dan jasa publik. Pola penerapan regulatory impact assessment (Analisis Dampak Peraturan) serta perubahan kebijakan didesainya guna menciptakan iklim usaha yang sehat. Selain itu. Ayah empat orang anak ini terlibat dalam pendampingan pada berbagai pemerintah daerah diantaranya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bogor. Melalui kegiatan konsorsium konsultannya, lulusan Publik Management Flinders University Australia ini menjadi advisor dari kegiatan pengembangan kapasitas pemerintah daerah di Kabupaten Wonogiri, Kota Bau-Bau, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Tapanuli Tengah. 
 
Namun ditengah segudang jejak rekam profesionalnya, sebagai pengusaha ia mengarahkan pendulum bisnisnya ke arah pemberdayaan ekonomi rakyat. Sehingga teman-temanya banyak yang mengolok-ngolok sebagai insinyur Elektro jurusan Arus Ekonomi Lemah.
 
Jejak Langkah:
  • CAWABUP Kabupaten Bandung pada Pemilihan  Bupati tahun 2010 yang dikenal dengan tag “SORBAN HEJO”
  • Ir. Siswanda HS, MPM atau Kang Sis menekuni profesi sebagai wirakoperasi dan pengusaha diberbagai bidang usaha sejak tahun 1980-an, memberikan konsultasi manajemen publik untuk pemerintahan lokal,  BUMN dan bagi usaha kecil, menengah dan koperasi,khususnya pengembangan kredit mikro dan dana bergulir.
  • Ikut aktif mendorong prakarsa “penciptaan sejuta pengusaha baru dengan mendarma baktikan keahliannya untuk pengembangan teknologi tepat guna dan pelatihan usaha peningkatan pendapatan petani / non petani seperti budidaya jamur, rekayasa energi biogas, teknik kompos / pupuk organik, dan sebagainya
  • Kang Sis aktif di berbagai organisasi diantaranya: Dewan Koperasi Indonesia (eks Majelis Pakar, Bandung Trust Advisory Group (Direktur Senior), Yayasan Persaudaraan Aceh Jawa Barat (Ketua), “Ibnu Sina” Islamic Fullday School (Pendiri, Mantan Ketua), Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia Selatan (Mantan Ketua) dan Komisaris / Direktur di beberapa perusahaan. Saat ini beliau adalah ketua PIKRABARA dan WASEKJEN DPP PAN